Cari Blog Ini

Rabu, 16 Agustus 2017

Menara Hanoi dan Dunia yang Akan Berakhir Dalam 584,5 Miliar Tahun


Apa itu Menara Hanoi atau Tower of Hanoi? Menara Hanoi adalah sebuah teka-teki atau permainan matematis. Permainan ini terdiri dari tiga tiang dan sejumlah cakram/cincin dengan ukuran berbeda-beda. Cakram-cakram tersebut bisa dimasukkan ke tiang mana saja, namun cakram yang ditempatkan di atas harus lebih kecil dibanding cakram di bawahnya. Pada awalnya, cakram-cakram tertumpuk rapi di salah satu tiang, urut dari bawah cakram terbesar, sampai paling atas adalah cakram terkecil, sehingga berbentuk seperti kerucut.

Teka-teki ini diciptakan oleh Edouard Anatole Lucas(1842-1891) pada tahun 1883, ahli matematika Prancis. Ia dikenal dengan observasinya pada deret Fibonacci. Selain itu, ia juga berkontribusi pada teorema Lucas dan angka prima Lukas. Lucas juga tertarik dengan matematika rekreasional, misalnya ia menemukan solusi matematis pada teka-teki Baguenaudier.
Edouard Anatole Lucas. Sumber gambar: https://faculty.evansville.edu/

Tentang permainan Menara Hanoi ini, dikabarkan Lucas terinspirasi dari sebuah legenda di India. Konon, ada candi India yang berisi ruang besar dengan tiga tiang yang dikelilingi 64 cakram emas. Seorang pendeta Brahma melaksanakan tugas dari peramal pada masa lalu, sesuai dengan aturan teka-teki ini. Menurut legenda ini, bila teka-teki ini diselesaikan, dunia akan kiamat. 

Bila legenda ini benar, dan pendeta itu bisa memindahkan satu cakram tiap detik, menggunakan algoritma pemindahan paling sedikit, maka akan memakan waktu 264−1 detik atau sama dengan 18.446.744.073.709.551.615 detik. Bila dikonversikan ke dalam satuan tahun, maka kurang lebih akan sama dengan 584.554.049.254 atau 584,5 miliar tahun. Untuk konversi detik ke tahun, kita dapat memanfaatkan kalkulator di situs kylesconverter.com.


EPILOG
Saya menulis cerita pendek berjudul "Kotak di Menara Hanoi yang Tak Boleh Dibuka". Cerita pendek tersebut bisa dibaca di situs bacabukumu.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar