Cari Blog Ini

Senin, 01 Juli 2019

Istilah Matriks dalam Matematika Berasal dari Kata "Rahim"



Coba baca huruf-huruf di atas :)
Apa itu matriks? Dalam bidang matematika, istilah matriks berarti susunan sekumpulan bilangan, simbol, atau ekspresi yang diatur berdasarkan baris dan kolom dan ditempatkan pada kurung biasa atau kurung siku sehingga membentuk suatu bangun persegi.

Dikutip dari situs pengertianahli.id:
Setiap bilangan pada matriks disebut elemen (unsur) matriks. Kumpulan elemen yang tersusun secara horizontal disebut baris, sedangkan kumpulan elemen yang tersusun secara vertikal disebut kolom. Suatu matriks yang memiliki m baris dan n kolom disebut matriks m x n dan disebut sebagai matriks yang memiliki orde m x n. Penulisan matriks menggunakan huruf kapital dan tebal.

Penggunaan matriks dalam matematika sebenarnya punya sejarah panjang, khususnya untuk penyelesaian persamaan linear, namun matriks disebut dengan istilah “array” hingga tahun 1800-an. Contoh penggunaan array pertama kali dapat ditemukan di teks Cina berjudul Jiǔzhāng Suànshù (The Nine Chapters on the Mathematical Art yang ditulis sekitar abad 10-2 SM, dalam teks tersebut tertulis tentang metode penyelesaian sistem persamaan linear dan juga konsep determinan.

Pada tahun 1545 matematikawan Italia Gerolamo Cardano menyebarkan metode tersebut ke Eropa saat ia mempublikasikan Ars Magna. Matematikawan Seki (1642-1708) menggunakan metode array  yang sama untuk menyelesaikan sistem persamaan linear. Matematikawan Belanda Jan de Witt (1625-1672) menunjukkan transformasi menggunakan array, pada buku yang ia tulis pada tahun 1659 berjudul Elements of Curves. Antara tahun 1700 hingga 1710 Gottfried Wilhelm Leibniz (1646-1716) mempublikasikan penggunaan array untuk mencatat informasi atau solusi dan berkeksperimen dengan 50 sistem array yang berbeda-beda. Gabriel Cramer (1704-1752) mengemukakan Aturan Cramer atau Cramer’s rule pada tahun 1750.

Istilah matriks berasal dari bahasa Latin matrix yang berarti “rahim”, dimana kata matrix sendiri berakar dari kata Latin mater yang berarti “ibu”. **Barangkali anda ingat akan istilah yang berasal dari kata mater, misalnya matrilineal 😀**
J.J. Sylvester. Sumner gambar: americanscientist.org
Istilah matriks dalam bidang matematika pertamakali dipopulerkan oleh matematikawan Inggris James Joseph Sylvester (1814-1897) pada tahun 1850. Ia memahami sebuah matriks sebagai sebuah obyek yang “melahirkan” beberapa determinan yang sekarang disebut dengan istilah minor. Minor matriks adalah determinan matriks yang diperoleh dengan cara menghilangkan elemen pada baris tertentu dan elemen pada kolom tertentu. Pada sebuah paper yang ditulis pada tahun 1851, Sylvester menjelaskan:
I have in previous papers defined a "Matrix" as a rectangular array of terms, out of which different systems of determinants may be engendered as from the womb of a common parent.”

EPILOG
Di atas sebelumnya telah ditulis bahwa penggunaan matriks dalam matematika sebenarnya punya sejarah panjang, khususnya untuk penyelesaian persamaan linear. Namun, istilah matriks juga dipakai dalam bidang lainnya.
Bertrand Russell (1872-1970) dan Alfred North Whitehead (1861-1947) dalam karya mereka berjudul Principia Mathematica menggunakan istilah ‘matriks’ dalam konteks gagasan mereka mengenai “aksioma reduksibilitas”. Alfred Tarski (1902-1983) pada karyanya Introduction to Logic yang terbit pada tahun 1946 menggunakan kata “matriks” dengan makna yang sama dengan istilah “tabel kebenaran” yang digunakan pada logika matematika.


Sumber referensi:
- wikipedia
- mathworld.wordlfram
- The Collected Mathematical Papers of James Joseph Sylvester, Volume 1 (1837-1853), diterbitkan oleh American Mathematical Society AMS Chelsea Publishing: Providence, Rhode Island.

4 komentar:

  1. Waaah menarik bangett, baru tau kalau matriks terlahir dr bahasa latin matrix yg berarti rahim. Terima kasih sharingnyaa kak 😁 salam kenal juga 😁 baru pertama kali mampir ke sini 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya & terimakasih atas apresiasinya :)

      Hapus
  2. Mater berubah menjadi mother(eng.)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar pak, mater adalah akar kata dari mother dalam bahasa Inggris:
      https://en.wiktionary.org/wiki/mother#Etymology_1

      Hapus